CERITA Tentang (MERASA TERTIPU) ASURANSI

CERITA Tentang (MERASA TERTIPU) ASURANSI


Ada orang (bahkan Banyak) yang MERASA TERTIPU ASURANSI, padahal asuransi dasarnya baik Sebelum memutuskan buka polis coba pelajari maupun tanyakan mengenai detailnya.

Ada CLAIM yg pasti tidak diganti oleh asuransi;

  1. Masih berada dalam masa tunggu (contoh masa tunggu rawat inap 30 hari, sakit kritis 90 hari, ada yg 1 tahun – 2 tahun untuk penyakit tertentu seperti sinus, cacat bawaan, kista dll) – Ach.., gak selama nunggu turunnya harga bb. Masih bias diterma lah…
  2. Polisnya lapse (ini neh yg sering kejadian, polisnya mati, eh pas mau claim gak bisa dan yg disalahkan asuransi) – Kalo gak bayar gmn dong? Turunin aja di stasiun berikutnya…
  3. Keadaan yg sudah ada sebelumnya, penyakit yg dikategorikan CACAT BAWAAN baik diketahui atau tidak. (jika tidak ada masa tunggu yg sekitar 1-2 tahun), jika tahu maka selamanya tidak diganti. Contoh udah menderita asma, jika masuk RS karena asma ya tidak diganti. – Bermain air basah, bermain api… ati² kebakaran
  4. Keadaan yg disembunyikan kemudian diketahui. Misalnya udah sakit kanker, terus gak ngaku, terus claim dan ketahuan, ya gak diganti juga biaya-biaya yg seolah-olah pihak asuransi menipu atau agent-nya tidak menjelaskan. – Wah, bahaya lagi nich,. Kata guru agama berbohong itu dosa.
  5. Biaya akuisisi (nah tiap asuransi berbeda, coba aja ditanya ke agen yg bersangkutan, total biaya akuisisi berapa, rata rata 205% dari nilai yg disetahunkan dibagi 5 tahun, tapi katanya manulife paling tinggi biaya akuisisnya. Prudential, Axa sekitar 205% total. Apa sih biaya akuisisi? Ini yg menentukan besar kecilnya pertanggungan asuransi. jadi kalo nabung misalnya 500rb, disetahunkan dulu hitungannya jadi 6 jt, bisa semua masuk premi atau 70:30 atau 50:50; 60:40 tergantung resiko tertanggung. misal biaya premi 4jt, tabungan 2 jt, jadi tahun pertama 4 jt premi diakuisisi semua, tahun kedua ada yg 60% ada yg 80% dari nilai 4jt, seterusnya 3-5 thn 15%, selanjutnya free, no akuisisi. Jadi jika ikut asuransi 500rb perbulan, oleh agennya dibuat 4jt:2 jt (proteksi : investasi),
    anggaplah disiplin selama sepuluh tahun, berarti total uang masuk
    6jt x 10 thn = 60 jt, akuisisi 205% x 4jt = 8jt-an lebih, biaya akuisisi tabungan 5%, berarti dari yg 2 jt diambil lagi 5%, sebagai fee pengelola dana, ini seh selama menabung atau top up. Buat apa biaya akuisisi? Ya ini incomenya asuransi. buat komisi agent yg rata rata 30% dari nilai premi selama 2 thn pertama, buat gaji karyawan, buat iklan, buat sewa gedung dll. – (hmm…. Boleh lah…, kl nggak nanti yg bayar gaji karyawannya siapa yach? Bisa di demo kl gak gajian :D)
  6. Biaya asuransi, nah ini beda ama akusisi, ini adalah biaya yg harus dibayar tiap bulan ke re-assuransi. Tiap orang berbeda tergantung usia, jenis kelamin, nilai pertanggungan. Ini dibayar selama kita ikut asuransi, jadi makanya di prudential ada yg protes bayar seumur hidup. Tapi, bukannya semua asuransi emang begitu? Asuransi akan mengasuransikan lagi nasabahnya ke badan re-asuransi, tapi ya tentu saja biayanya dipotong dari uang kita. – Biaya ibarat orang membeli atau membayar, kalo gak bayar ya gak dapet barang yg dibeli maupun vasilitasnya. Mis.: Gak bayar listrik = gelap, gak bayar PDAM = Bau (abis gak bias mandi sich…)
  7. Biaya administrasi, ya ini di charge selama kita punya account asuransi, kan kalo nabung di bank juga tetep kena charge selama kita masih punya rekening. Karena asuransi punya nilai investasi tinggi maka biaya asuransi dan biaya administrasi gak berasa. misalnya udah 10th dana terkumpul 50jt, setahun kan asuransi jika equity dari pengalaman bisa sampai 30% berarti ada untung 15jt, tahun depan uang kita jadi 65jt dikurangi misalnya biaya asuransi setahun rata rata 3-6 jt jika pertanggungan sedang, dikurangi biaya administrasi 35-50rb perbulan, yah anggap saja dipotong total 7jt, maka uang kita terkumpul 65 jt – 7 jt = 58 jt. – Itung² abunemen dech
  8. Biaya Polis, ini dibebankan sekali atau ketika minta duplikat polis atau polis hilang, rata-rata 100rb per polis. – Kehilangan tiket parkirakan dikenakan denda sebesar Rp.100.000,- dan harus menunjukkan STNK asli.

Jadi sekali lagi, sediakan waktu untuk mempelajari, bertanyalah. Apalagi kebanyakan dari kita ikut asuransi karena yg nawarin temen, keluarga, sodara jadi tinggal tanda tangan aja. Memang sebagian merasa rugi jika tidak terjadi apa-apa, tapi kalo apa-apa gimana? Yah namanya asuransi jadi mengalihkan resiko.

Saran aja, sebaiknya ikut asuransi selagi masih muda, karena kalo udah sedikit lebih tua biaya asuransinya menjadi lebih tinggi, kalo akuisisi jelas sama karena dihitung dari premi. Bila udah lebih tua, jadi rugi banget, tapi daripada enggak, gak ada yg ngalihin resiko donk?

Yang terjadi pada asuransi tradisional adalah karena tidak ada pertanggungan sakit kritis. Misalnya si A ikut asuransi B, terus kena jantung, boro-boro mikir bayar premi, karena gak ada pertanggungan sakit jantung ya gak diganti, karena gak bayar premi maka lapse, eh meninggal pas preminya lapse, ya waktu claim meninggal pastinya gak diganti. Kalo udah gini, yang disalahkan asuransinya. (Padahal…) Jadi bijak-bijaklah memilih asuransi.

Soal syarat-syarat claim, misalnya sakit kritis, memang ada syarat tertentu, biar ocre, ya minta aja ke agen-nya kapan bisa diclaim, minta dicopy polis yg udah ada (agen harus masuk asuransi yg ditawarkan dong), nah tanyakan ke dokter kenalan anda, apakah syarat ini masuk akal atau mengada-ngada dari pihak asuransi supaya susah claim? Biasanya dokter lebih mengerti karena biasanya syarat tersebut pakai bahasa medis.

Saya sekedar member info dan bukannya menganjurkan untuk ikut asuransi tertentu. Lebih baik mengerti detail daripada kemudian hari bete dan menyalahkan agen maupun pihak asuransi.

Berapa banyak seh orang yg bersedia meluangkan waktu untuk baca polis maupun bertanya detail? Saya yakin agen menerangkan secara detail dan banyak pasti calon nasabahnya pusing denger keterangan kepanjangan. Bila claim, sediakan waktu untuk datang ke customer service, diharapkan bisa lebih cepat prosesnya.

Selamat bertanya tentang asuransi.

Antonius Happy

Kode Agen : 00150452

Hp 1 : 021-3355 3037

Hp 2 : 0816 181 1378

E-Mail : prusafir78@yahoo.co.id

Web : www.safir78.co.nr

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: