JADWAL IMUNISASI (VAKSINASI)


Memberikan suntikan imunisasi pada bayi anda tepat pada waktunya adalah faktor yang sangat penting untuk kesehatan bayi anda. Yakinlah bahwa dengan membawa bayi anda untuk melakukan imunisasi adalah salah satu yang terpenting dari bagian tanggung jawab anda sebagai orang tua.  Imunisasi (atau “vaksinasi”) diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak.  Imunisasi biasanya diberikan selama waktu pemeriksaan rutin ke dokter atau klinik.

Imunisasi yang diwajibkan

Vaksinasi

Jadwal pemberian-usia

Booster/Ulangan

Imunisasi untuk melawan

BCG

Waktu lahir

Tuberkulosis

Hepatitis B

Waktulahir-dosis I

1bulan-dosis 2

6bulan-dosis 3

1 tahun– pada bayi yang lahir dari ibu dengan hep B.

Hepatitis B

DPT dan Polio

3 bulan-dosis1

4 bulan-dosis2

5 bulan-dosis3

18bulan-booster1

6tahun-booster 2

12tahun-booster3

Dipteria, pertusis, tetanus, dan polio

campak

9 bulan

Campak

Imunisasi yang dianjurkan:

Vaksinasi

Jadwal pemberian-usia

Booster/Ulangan

Imunisasi untuk melawan

MMR

1-2 tahun

12 tahun

Measles, meningitis, rubella

Hib

3bulan-dosis 1

4bulan-dosis 2

5bulan-dosis 3

18 bulan

Hemophilus influenza tipe B

Hepatitis A

12-18bulan

Hepatitis A

Cacar air

12-18bulan

Cacar air

Yang harus diperhatikan, tanyakan dahulu dengan dokter anda sebelum imunisasi jika bayi anda sedang sakit yang disertai panas; menderita kejang-kejang sebelumnya ; atau menderita penyakit system saraf.

Imunisasi adalah suatu prosedur rutin yang akan menjaga kesehatan anak anda.  Kebanyakan dari imunisasi ini adalah untuk memberi perlindungan menyeluruh terhadap  penyakit-penyakit yang berbahaya dan sering terjadi pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak.  Walaupun pengalaman sewaktu mendapatkan vaksinasi tidak menyenangkan untuk bayi anda (karena biasanya akan mendapatkan suntikan), tapi rasa sakit yang sementara akibat suntikan ini adalah untuk kesehatan anak dalam jangka waktu panjang.

Sumber: InfoIbu

3 Komentar

  1. memang betul pemberian imunisasi harus tepat waktu,karena kalau ngak entar kasihan anaknya,meskipun kita ngak tega sih lihat jarum suntik nusuk tubuh anak kita apalagi kalau sampai nangis,tapi kalau kita pikir lagi lebih baik manangis tapi jadi sehat daripada ntar kenapa2 iya khan,betullllllllllllllllllllllll

  2. Betul sekali. Malahan kalo terjadi apa² atau sakit bisa² malah disuntik terus…. Kan lebih kasihan lagi, Sakit dan disuntik. Hik…….. Gak tega dech ngebayanginnya.

  3. immunisasi dengan segala tahapannya sangatlah baik untuk kesehatan pewaris bangsa ini kelak di kemudian hari. Bila mereka sakit-sakitan, mau dibawa kemana bangsa ini ???. Karena itu kami sangatlah mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan aparat terkait atas segala jasa dan pengorbanan dalam menyehatkan bangsa ini. Namun jangan lupa, kepada para petugasnya yang langsung menangani immunisasi tersebut, supaya extra hati-hati agar jangan menimbulkan penyakit baru bagi anak-anak, dan jangan lupa sosialisasinya dengan mempergunakan bahasa yang dimengerti oleh masyarakat yang bersangkutan. Terimakasih !!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: