Khasiat Pisang Hijau Atasi Diare Anak

Khasiat Pisang Hijau Atasi Diare Anak


Sebuah pengobatan tradisional telah membuktikan dapat meringankan diare yang menyerang anak-anak. Pada dasaarnya pisang hijau memang paling efektif untuk memperlancar pencernaan orang dewasa, ternyata makanan bernutrisi tinggi ini juga cukup baik dikonsumsi buat bayi.


Menurut hasil peneliti Bangladesh melaporkan dari sebuah pertemuan tahunan di Digestive Disease Week, menyebutkan buah pisang efektif untuk mengatasi gangguan diare. Kebiasaan memberi makan tambahan buat anak-anak kecil, ternyata cukup besaar manfaat yang didapatkan.


Terlebih jika anak-anak lebih mudah terserang diare, justru dalam sebuah pengobatan tradisional pada anak-anak di Bangladesh dan negara tetangganya, Dr. G.H Rabbani dan rekan dari the International Center for Diarrhoeal Disease Research di Bangladesh, telah membuktikan secara ilmiah keefektifan pisang hijau untuk mengatasi diare itu, melalui penelitian klinis yang didesain dengan cermat.


Para peneliti secara acak menugaskan sebanyak 62 anak yang mengalami diare lebih dari 14 hari untuk diberi diet nasi yang dicampur dengan pisang hijau yang mentah, pectin atau plasebo (obat kosong) selama 7 hari. Masing-masing anak diwajibkan memakan kedua obat ini. Anak-anak tersebut dibagi jadi 2 kelompok yaitu kelompok pisang dan plasebo.

Pada akhir periode pengobatan, 65 % anak dari kelompok pisang mempunyai kualitas tinja yang sudah normal, 42 % pada kelompok pectin, dan 19 % dari kelompk plasebo. “Anak-anak yang menderita diare berkelanjutan mempunyai usus yang terlalu menyerap.


Kami mampu menunjukkan dalam penelitian ini bahwa pisang hijau menurunkan penyerapan usus dan inilah yang membuat ekskresinya kembali normal”, Rabbani menjelaskan dalam suatu wawancara. “Pisang hijau sangat murah dan tersedia di banyak negara berkembang.


Kami sedang mengajarkan ibu-ibu bagaimana menggunakan makanan ini sebagai dasar pengobatan di rumah untuk diare pada anak-anak,” ujarnya. Pisang hijau mungkin segera tersedia sebagai nutraceutical, yang mungkin membuat obat ini mudah didapat oleh ibu-ibu baik di negara berkembang maupun di negara maju.


Nutraceutical yang terkandung didalamnya, disebutkan oleh Rabbani adalah makanan yang diproses lewat rekayasa biologi untuk mendapatkan efek menyembuhkan. Di samping itu yang paling menguntungkan adalah bahwa pisang hijau umumnya memiliki cita rasa yang cukup enak, sehingga ketika berperan sebagai obat diare bagi anak-anak maka ia akan mudah diterima.


Obat ini lebih mudah diterima anak-anak ketimbang obat-obatan modern yang umumnya memiliki rasa yang getir dan pahit. Di Indonesia pisang hijau sudah cukup dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun, sejauh ini perannya tidaklah jauh berbeda dengan pisang kebanyakan.


Sebagai buah penutup makan, selain itu secara tradisional pada beberapa masyarakat pisang hijau juga dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki daya tuah tertentu sehingga sering dijadikan bagian dari sesaji pada acara-acara ritual keagamaan tertentu. (mus/*)

4 Komentar

  1. nice artikel….
    thanks ya infonya…
    sangat bermanfaat

  2. Sama², trima kasih juga atas kunjungan & pujiannya.

  3. artikelnya bagus banget…saya suka n saya nantikan yang selanjutnya ya….
    salam sehat, cantik dan sukses…

  4. Good artikel, nama pisangnya apa ? semua pisang yang msh ijo
    yg enak di kolak pisang


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: