Serba Serbi Pertumbuhan Gigi

Serba Serbi Pertumbuhan Gigi

Pertumbuhan gigi tak bisa dirangsang dengan obat-obatan. Apalagi jika memang tidak ada benihnya. Sementara pada anak usia ini sangat tidak dianjurkan menggunakan sinar X untuk mengetahui ada tidaknya benih itu. “Lebih baik tunggu gigi muncul sampai usia berapa pun,” saran Waldi. Normalnya, gigi bayi mulai tumbuh di usia 6-7 bulan, yaitu 2 buah gigi depan bawah. Beberapa bulan kemudian, 2 buah gigi depan atas. Setelah itu gigi bawah di sebelahnya, kemudian bagian belakang. Sampai usia 1 tahun, jumlah gigi bervariasi pada setiap bayi. Mungkin ada yang 4 buah atau 8 buah. “Tergantung pada pola tumbuh gigi, faktor keturunan, serta gizi,” jelas Rachmatiah. Sampai usia 2 tahun, biasanya gigi anak sudah komplet sebanyak 20 buah, yaitu 10 di atas dan 10 di bawah.

Tumbuhnya gigi dipengaruhi pula oleh faktor keturunan. Mungkin salah satu orang tuanya punya sifat resesif atau tidak dominan dalam hal pola tumbuh gigi yang lambat sehingga dalam satu keluarga, mungkin saja satu anak memilikipertumbuhan gigi yang normal dan anak lainnya terlambat.

Sebetulnya, pembentukan gigi bayi sudah dimulai sejak dalam kandungan, yaitu di usia kehamilan 6 minggu, berupa benih gigi. Bila orang tua ingin gigi susu anaknya bagus, sewaktu hamil gizi ibu harus bagus. Ini bisa didapat dari sumber makanan seperti susu, sayuran dan buah. Setelah bayi lahir, gizi yang masuk tak berpengaruh lagi pada pertumbuhan gigi susunya karena sudah terbentuk. Namun, gizi pasca lahir ini akan berpengaruh pada gigi tetapnya nanti.

Anak yang sering sakit, pertumbuhan giginya lambat. Begitu pula jika bayi malas mengisap karena gerakan otot mulut sebetulnya merangsang pertumbuhan gigi. Andai gigi anak terlambat muncul sementara usianya mengharuskan dia makan makanan padat, jangan hentikan pemberiannya. Anak bisa mengunyah makanan lembut dengan gusi yang sudah beradaptasi. Malahan, mengunyah makanan semi padat dan padat akan merangsang pertumbuhan gigi anak, dengan catatan memang ada benih giginya. Yang penting, ikuti saja proses alamiah kemampuan pencernaannya seiring pertambahan usia.

Rewel & Demam Saat Gigi Muncul

Macam-macam reaksi bayi saat giginya tumbuh. Ada yang jadi rewel, ngeces melulu, demam, atau biasa saja. Semua tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing anak. Kalau daya tahan tubuhnya kurang atau sensitif, anak bisa demam dan rewel.

Yang terjadi pada saat gigi susu muncul adalah gusinya pecah dan menimbulkan rasa sakit serta tak nyaman. Selama itu, gusi akan tampak sedikit kemerahan. Belum lagi kalau kondisi mulutnya tidak bersih, bisa terinfeksi kuman sehingga demamnya berlanjut atau bertambah. Tapi jika daya tahan tubuhnya baik, kondisi mulutnya bersih, gusinya bagus, aktivitas mengunyahnya bagus, maka anak tak akan mengalami gangguan berarti ketika giginya muncul.

Untuk memperkecil risiko gangguan itu, sudah semestinya orang tua menjaga kebersihan mulut anak. Sehabis menyusui atau makan, bersihkan lidah dan gusinya dengan kain kasa yang dibasahi air matang agar tak ada kuman atau jamur yang tumbuh.

Bila anak demam dan orang tua meragukan penyebabnya adalah gigi yang akan muncul, untuk pastinya bawa ia ke dokter anak. Kalau memang masalahnya karena tumbuh gigi, biasanya dokter akan memberi obat penurun panas saja.

Perkembangan Bicara Anak

Menurut psikolog Indri Savitri, perkembangan bahasa si kecil dimulai ketika baru lahir. Mulanya ia berkomunikasi lewat tangisan. Usia 1,5-3 bulan, ia mulai mengeluarkan bunyi-bunyi seperti, “au…” Di usia 6-10 bulan mulai babbling dengan mengeluarkan suara berupa gabungan huruf mati dan hidup seperti, “ma…” atau “ba…” Usia 10-14 bulan mulailah muncul kata, bermakna dan bertujuan. Misalnya, ia akan mengucapkan, “Ma..!” sambil tangannya menunjuk ke suatu objek. Nah, untuk menstimulasi kemampuan bicara ini, orang tua harus rajin mengajaknya bicara, entah sambil bercanda kala menyusui atau di kesempatan lainnya.

Mainan Gigit -Gigitan Tak Wajib

Bayi yang akan muncul giginya biasanya suka menggaruk atau menyentuh bagian mulutnya. Hal itu disebabkan rasa tak nyaman dan mungkin juga rasa gatal yang timbul. Untuk mengatasinya, bayi senang memasukkan apa saja ke mulutnya. Namun, sejauh mana rangsangan tadi berpengaruh, tidak dapat diprediksi.

Jadi, penggunaan mainan tadi tidak wajib. Bagaimanapun juga, pertumbuhan gigi bayi tergantung pada pola tumbuhnya. Ada anak yang memang tidak terlalu aktif memasukkan sesuatu ke mulutnya, tapi karena pola tumbuh giginya normal atau cepat, maka giginya pun akan tumbuh dengan baik.

Sumber: Email & Milis

8 Komentar

  1. anakku umur 4 thn tp gigi taringnya belum tumbuh….normal ga ya?

  2. Anakku 2 tahun kok giginy baru 8 ya,,apakah akan berpengaruh ke prtumbuhan gigi tetapny?

  3. Ibu Yuli & Ibu Vinny,
    aku telah jawab melalui email.
    Mungkin akan lebih baik bila ibu Yuli membawa buah hatinya ke dkter anak atau dokter gigi untuk mendapat jawaban yang jelas dan benar.
    Untuk ibu Vinny, anakku menjelang usia 2 tahun giginyapun baru 8, namun puji Tuhan sekarang (2 tahun 2 bulan) giginya sudah ada 16 kl tidak salah🙂
    Untuk puasnya memang labih baik menanyakannya kepada ahlinya, doket (gigi) anak.
    Terima kasih

  4. ANak saya umur 13 bulan tapi belum ada satupun giginya yang tumbuh .
    minta saranya !!!…..

  5. Ibu, saran saya adalah ibu menghubungi dokter anak/dokter gigi. Ibu dapat menanyakan apakah perkembangan gigi anak ibu masih dapat dikatakan wajar.
    Terima aksih

  6. IBU, Knp Ade Sya Blom Tumbuh Juga GIGI,,,,,Nya ,Asal Nya Udh 2 BLN
    GIGI Nya DI Lepas………..!!!
    Apa Masalah Nya Tuch DOK…….

  7. I every time used to study article in news papers but now as I am
    a user of net so from now I am using net for articles, thanks to web.

  8. Hi there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with
    hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work
    due to no backup. Do you have any methods to stop hackers?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: