Orang Muda Katolik Siap Jadi Pemilih Cerdas

“Saya senang … orang muda Katolik sepertinya paham betul tata cara pemilihan dan sudah siap menjadi pemilih yang cerdas …” Demikian komentar Mohammad Fadlilah, anggota KPU Kota Jakarta Pusat, narasumber Sosialisasi Pemilu 2009 untuk Pemilih Pemula di Aula Katedral, Minggu, 8 Maret 2009. Komentar itu terkait sahnya seluruh surat suara yang dicontreng beberapa peserta sebagai relawan.

Sosialisasi itu diselenggarakan oleh Pemikat KAJ bekerja sama dengan Tim Sosialisasi Pemilu 2009 KAJ dan Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) KAJ. Lebih dari 120 orang peserta mengikuti acara tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar SMA dan perwakilan Seksi Kepemudaan dan Mudika paroki-paroki.

Setelah mendengarkan pengantar dari J.P. Suprapto, Wakil Koordinator Tim Sosialisasi Pemilu 2009 KAJ, peserta mengikuti presentasi “Apa dan Bagaimana Pemilu 2009” dari Soesilo, anggota FMKI KAJ. Lalu, Romo A. Suyadi Pr, anggota Tim Sosialisasi Pemilu 2009 KAJ mengajak para peserta merefleksikan panggilan iman mereka sebagai OMK untuk terlibat aktif dalam kehidupan sosial-politik, termasuk Pemilu 2009. Akhirnya, Mohammad Fadlilah, anggota KPU Kota Jakarta Pusat mendampingi mereka bersimulasi dan menyampaikan sejumlah informasi penting terkait Pemilu 2009.

Belum Terdaftar? Harus Proaktif!
 Dalam kesempatan tersebut, M. Fadlilah menegaskan pentingnya orang muda menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu. “Dengan menggunakan hak pilih, Anda ikut berkuasa dan menentukan siapa yang pantas mewakili Anda di lembaga perwakilan dan pemerintahan,” tandasnya. Lantas, bagaimana jika masih ada yang belum/tidak terdaftar untuk Pemilu DPR RI, DPRD, dan DPD 9 Maret 2009 yang akan datang? “Anda yang belum terdaftar untuk Pemilu 9 Maret (2009), masih bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Ya … Anda harus proaktif. Segera hubungi RT, RW, dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) setempat, untuk mendaftarkan diri,” jelasnya.

Perlu Lebih Sering
Menurut J.P. Suprapto, Wakil Koordinator Tim Sosialisasi Pemilu 2009 KAJ, peserta menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka. “Bisa dilihat dari lembar-lembar evaluasi yang mereka tulis, mereka merasa mendapat informasi yang sangat penting tentang Pemilu. Sebagian besar juga (menyatakan) akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu nanti,“ jelasnya.

Lebih jauh Suprapto menjelaskan bahwa banyak peserta membutuhkan kegiatan pembelajaran politik semacam ini diadakan lebih sering, bukan hanya saat menjelang Pemilu saja. “Usul semacam itu (berarti) PR bagi kami, agar memperhatikan (pentingnya) pendidikan politik bagi orang muda juga,” jelasnya.

Sumber: http://kaj.or.id

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: