Strategi Pastoral Gembala Baik Hendaknya Menggunakan Data

uskup-julius-kardinal-darmaatmadja-sj1“Strategi gembala yang baik dalam berpastoral di lingkungan hendaknya menggunakan data.” Demikian penegasan Bapak Uskup Julius Kardinal Darmaatmadja, SJ saat menyumbangkan catatan akhir dalam Hari Belajar Komisi-Komisi dan Pantap Pemikat KAJ, Sabtu 14 Maret 2009 di Aula Katedral Jakarta. Untuk itu, beliau mengharapkan setiap Ketua Lingkungan mampu membangun data lingkungan, misalnya dalam tabel: nama lingkungan, jumlah umat, aktivitas umat (misa, pendalaman iman/Kitab Suci, ziarah, perayaan-perayaan), dsb.

Bapak Uskup juga menyetujui sejumlah rekomendasi agar Komisi-komisi keuskupan meningkatkan kerjasama dengan semua lingkungan untuk menanggapi problematika lingkungan yang berbeda-beda konteksnya, misalnya dengan program pendidikan ketua/pengurus lingkungan. “Saya setuju Komisi-Komisi membuat modul (pendidikan ketua/pengurus lingkungan) tapi harus mengikutsertakan seksi di paroki dan ketua lingkungan sesuai dengan kekhasannya masing-masing. Dengan demikian modulnya lebih aplikatif dan kontekstual. Jangan membuat modul untuk seluruh keuskupan hanya demi gampangnya saja. Lalu, kalau sudah ada modul, baiknya dicoba dulu, jangan langsung diterapkan,” pesan beliau.

Sebaliknya, Bapak Uskup juga mengharapkan agar lingkungan-lingkungan berbenah diri. “Lingkungan perlu membuat susunan pengurus yang memiliki seksi-seksi yang sepadan dengan komisi-komisi tingkat keuskupan. Selain agar terjadi kerja sama tim (tidak semua permasalahan ditangani ketua lingkungan), kepengurusan semacam itu juga memudahkan jalur kerja sama keuskupan-paroki-lingkungan,” jelas beliau.

Sumber : http://kaj.or.id

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: