Carilah Agen Asuransi Berlisensi

Sebelum membeli sebuah produk asuransi, alangkah baiknya bila calon nasabah memahami benar seluk beluk asuransi yang ditawarkan kepadanya. Untuk itu anda dapat meminta bantuan agen asuransi (permohonan-ilustrasi).

Namun, perlu pula anda untuk berhati-hati karena seringkali agen asuransi melupakan kepentingan nasabahnya hanya demi mengejar target penjualannya saja. Seringkali mereka membujuk calon nasabah agar membeli produk asuransi yang sebenarnya belum tentu dibutuhkan oleh nasabah. Seorang agen asuransi seharusnya membantu calon nasabah untuk memilih produk asuransi yang tepat guna bagi nasabahnya.

Yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi

Karena kita membeli produk asuransi dari seorang agen asuransi jiwa, maka pastikanlah bahwa agen asuransi tersebut memiliki lisensi keagenan yang sah. Dimana lisensi ini dikeluarkan oleh asosiasi asuransi terkait, dimana untuk asuransi jiwa adalah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Jadi, bila seorang agen menawarkan produk asuransinya kepada anda, mintalah kartu lisensi keagenan, periksa nama yang tertera pada kartu tersebut serta masa berlaku dari kartu lisensi tersebut.

Mengapa demikian? Karena sekarang ini seorang agen asuransi harus memenuhi syarat kwalifikasi tertentu. Seorang agen harus menempuk pendidikan keasuransian dan lulus ujian sebagai seorang agen. Jadi seorang agen asuransi bukan hanya menjual produk melainkan juga harus dapat membantu menganalisa kebutuhan dan memberikan rekomendasi yang baik bagi calon nasabahnya.

  • Mintalah Penjelasan yang lebih rinci

Dalam membeli asuransi hendaknya kita memahami betuk produknya. Untuk itu mintalah penjelasan secara rinci kepada agen asuransi mengenai hal-hal penting pada produk yang ditawarkan, seperti apa saja yang dapat diklaim maupun tidak dapat, bagaimana proses bila nasabah mengalami musibah dan sebagainya.

  • Jaminan yang Luas

Di dalam memilih asuransi, janganlah hanya tergiur oleh biaya premi yang murah saja tetapi perhatikanlah apakah premi tersebut dapat memberikan jaminan yang lebih luas atau tidak seperti manfaat apa saja yang terdapat didalamnya, berapa lama pembayaran preminya bagaimana kemudahan dalam klaim, dan sebagainya.

Agar tidak kecewa dikemudian hari, ada baiknya kita berhati-hati dan tidak sembarangan membeli asuransi dari agen yang tidak berlisensi, karena seperti telah diutarakan diatas, seorang agen bukanlah sekedar menjual produk asuransi tetapi ia harus dapat membantu calon nasabah sebagai konsultan keuangan dan secara bijak memberikan rekomendasi untuk memilih asuransi apa yang diperlukan agar dapat maksimal pemanfaatannya.

Sumber: http://safir78.wordpress.com/2008/08/21/carilah-agen-berlisensi/

Jakarta, 120710

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



  • %d blogger menyukai ini: